Sabtu, 20 September 2008

Electronic Data Interchange (EDI)

Electronic Data Interchange (EDI) adalah sebuah standar dalam membangun sistem pertukaran informasi secara elektronik dalam dunia bisnis, organisasi dan pemerintahan.
Operasinya terdiri atas pembuatan, pemindahan dan penerimaan dokumen EDI.
EDI dapat pula diartikan sebagai pertukaran data bisnis dari satu komputer ke komputer lain dalam format yang standar.
Di dalam EDI, informasi akan diatur berdasarkan format yang spesifik. EDI dianggap sebagai representasi teknik dari percakapan bisnis, baik secara internal maupun eksternal. Ada yang beranggapan bahwa EDI terdiri atas transmisi, aliran pesan, format dokumen, dan software yang digunakan untuk menginterpretasikan dokumen.
Sekitar tahun 2002, QAD, sebuah provider aplikasi manufaktur telah berhasil menyelesaikan proses EDI pada pabrik Honda di Amerika Utara. Dengan adanya EDI dapat dipastikan akan membuat komunikasi yang lancar antara Honda dan para suppliernya. Melalui kerja sama dengan Eagle Consulting dan Development’s RF Express, akan menghasilkan kemampuan untuk menyempurnakan penggunaan software bar coding yang nantinya akan membantu Honda berkomunikasi dengan para suppliernya.
Dengan pengimplementasian EDI pada Honda, dapat meningkatkan efesiensi dan memastikan bahwa setiap komunikasi antar partner kerja nampak nyata dan jelas dalam hal isi, arti dan format.Seperti yang telah dijelaskan bahwa denga adanya EDI membuat komunikasi Honda denga para suppliernya semakin lancar.
Selain itu, EDI juga mengurangi biaya perusahaan karena merupakan sarana alternatif pemindahan informasi tanpa memerlukan orang yang banyak dan juga hemat dalam penggunaan kertas.. EDI juga meminimalisir kesalahan yang terjadi dalam pemindahan informasi , serta waktu pemindahan info pun jauh lebih cepat.
Untuk mencapai keberhasilan dalam pengimplementasian EDI, perusahaan jangan beranggapan bahwa EDI hanya sekedar suatu format data , tapi EDI merupakan sistem pertukaran dokumen bisnis dengan entities eksternal, dan bentuk yang terintegrasi dari data tersebut menuju sistem internal perusahaan.

3 komentar:

Unknown mengatakan...

Ehm,,nice blog
tulisannya juga keren,padat,n jelas
keep posting ya Ki!!

Lex's mengatakan...

sallam kenal

mumu mengatakan...

ekiiii.... wah blognya lucu bgt ada monyet2 lucunya...
postingannya bagus and lengkap beth deh