Jumat, 12 September 2008

Knowledge Management n it's implementation

what does the KM means???

saat mendengar kata knowledge management, yang terpikir oleh saya pertama kali adalah bagaimana cara kita mengelola pengetahuan yang dimiliki oleh seseorang agar ilmu yang dimilikinya dapat termanfaatkan dengan baik. Sedangkan berdasarkan bahasa, KM dapat diartikan sebagai suatu rangkaian kegiatan yang digunakan oleh organisasi untuk mengidentifikasi, menciptakan, menjelaskan, dan mendistribusikan pengetahuan untuk digunakan kembali, diketahui, dan dipelajari di dalam organisasi. Kegiatan ini biasanya terkait dengan objektif organisasi dan ditujukan untuk mencapai suatu hasil tertentu seperti pengetahuan bersama, peningkatan kinerja, keunggulan kompetitif, atau tingkat inovasi yang lebih tinggi.

Implementasi KM dalam perusahaan sangat bermanfaat bagi perusahaan. Karena dengan adanya KM akan membuat kinerja perusahaan menjadi lebih prima dan meningkatkan daya saingnya. KM dipandang penting, karena implementasinya memberi manfaat pada bidang operasi dan pelayanan, dapat meningkatkan kompetensi personal, memelihara ketersediaan knowledge dan inovasi serta pengembangan produk.Sebuah contoh betapa pentingnya peran KM adalah apabila perusahaan menghadapi kasus pengunduran diri dari karyawan yang memiliki knowledge menonjol, sementara pada saat itu belum ada transfer knowledge bagi penggantinya. Bisa terjadi kepindahan karyawan itu diikuti dengan kepindahan pelanggan.
Begitu pula yang di dapatkan oleh PT.Raytheon
Perusahaan ini telah melakukan konsep KM sejak tahun 1990an hingga sekarang. Untuk mencapai visi KM perusahaan , yaitu mengembangkan bisnis dan meningkatkan value pelanggan, dilakukan suatu proses yang terdiri atas 3 komponen , yaitu : Collect, Abstract, and Disseminate. Perusahaan beranggapan KM sangat potensial untuk meningkatkan keuntungan kompetitif secara signifikan jika dilakukan secara efektif. Dan semua itu dapat tercipta jika semua karyawan perusahaan mau berbagi pengetahuannya.

4 komentar:

Sisca Pratiwi mengatakan...

Hmm blognya cukup rapi. Hehe... Penjelasan yang bagus tentang KM... Keep goin! Kunjungi gw ya, siscapratiwi.blogspot.com. See ya.

Damayanti mengatakan...

ohhhh
eqqqqqqq
tulisanmu mengharukan
tapi membingungkan
semangat belajar KM ya
qta ketemu di kuliah KM
hahahah

Anisa mengatakan...

wah sama ki, first impression gw ttg KM juga begitu. ehh, ternyata pengertian dan ruang lingkupnya lebih luas yah!
ok deh, ki... penjelasannya yang cukup menjelaskan. bagus2!

fajri-ramdhan mengatakan...

Ki..tulisan lu lucu juga...

terutama tentang masa lalu lu gt...hehe
Monyetnya jg lucu tuh...

keep posting y!