Selasa, 02 Desember 2008

EXECUTIVE INFORMATION SYSTEM

EIS adalah alat yang menggunakan grafik berbase data web, untuk membantu memahami risiko, memperbaiki safety, dan mengatur bisnis.Executive Information System (EIS) adalah tipe dari Management Information System yang bertujuan untuk memfasilitasi, mendukung informasi serta pembuatan keputusan yang diperlukan oleh Senior Executive dengan menyediakan akses mudah dan relevan untuk informasi internal dan eksternal untuk mencapai tujuan dari sebuah organisasi.Dengan EIS, kita dapat menganalisa dan membandingkan ( spesialisasi, institusi, dan network) :
1. Pemesanan
2. Pembayaran biaya dan kerugian
3. Risk management issues
4. Detail kerugian
5. Caseloads
6. Data atual

Manfaat :
1. Membangun analisa logis, presentasi grafis, dan pengkonfigurasian dashboards yang mengeliminasi kebutuhan bagi pengguna untuk mendapatkan pengertian yang detail representasi statistikal
2. Kemampuan tailor reports untuk key issues untuk trends monitoring
3. Mengijinkan organisasi untuk berusahan memperbaiki kualitas dari area permasalahan
4. Mendukung analisa dari kerugian dan data klinis
5. Mengidentifikasi menejemen risiko
6. Merekam informasi finansial


Pada tahun 90 an proses manajemen telah menjadi peka terhadap informasi. Para eksekutif menyadari bahwa konsep dari informasi sebagai sebuah bagian dari organisasi sangatlah penting. Walaupun pada saat itu mereka masih belum terbiasa dengan setting stategi seperti itu. Dari sumber informasi yang masih melauli tulisan tangan, telepon dan meeting kini dapat berganti menjadi email, video conference dan lain sebagainya yang memberikan kita kemudahan dalam berkomunikasi. Karenanya peranan komputer dalam sistem informasi sangatlah berguna.

Tidak ada komentar: